Partai Dengan Elektabilitas Tertinggi Dipegang Oleh PDI Perjuangan



Direktur Riset Vox Populi Research Center Dika Moehamad dalam siaran pers resminya mengatakan, PDI Perjuangan menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi dalam Pemilu 2019 ini. Hal tersebut terungkap dalam survei Vox Populi Research Center yang dirilis ke publik pada Senin (25/3) ini.

“Elektabilitas PDI Perjuangan sebesar 26,8 persen. Di urutan kedua ada Gerindra dengan 15,1 persen dan yang ketiga yakni Golkar dengan 10,2 persen,” ujarnya.

Posisi PDI Perjuangan, Gerindra dan Golkar disusul oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meraih elektabilitas 7,1 persen, Partai Demokrat 5,3 persen dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) meraih 4,3 persen.

Dengan ambang batas suara parlemen sebesar 4 persen, berdasarkan hasil survei ini, beberapa partai diperkirakan tidak lolos ambang batas tersebut. Partai yang dimaksud, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) sebesar 3,9 persen, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebesar 3,7 persen dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebesar 3,4 persen.

Selanjutnya, ada pula Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebesar 2,9 persen, Partai Indonesia Raya (Perindo) sebesar 1,8 persen, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) sebesar 1,1 persen dan Partai Berkarya sebesar 0,9 persen. Dari total 1.200 responden survei, sebanyak 12,4 persen di antaranya memilih tidak tahu/ tidak menjawab.

Dika menambahkan, tingginya elektabilitas PDI Perjuangan disebabkan efek ekor jas dari calon presiden yang mereka usung, yakni Joko Widodo (Jokowi). Partai diuntungkan oleh faktor Jokowi sebagai capres petahana .

Selain dari pada itu, elektabilitas PDI Perjuangan itu didapat dari faktor kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi di pemerintahan. Jokowi diasosiasikan sebagai representasi dari PDI Perjuangan.


Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.