PLBN Program Pemerintah Untuk Membangun Negara dari Pinggiran.



Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan sebanyak empat Pos Lintas Batas Negara (PLBN) akan mulai dibangun pada 2019, dan tujuh dari sebelas yang ditargetakan sudah rampung tahun lalu.

Menurut Basuki, keempat PLBN tersebut yakni Sei Pancang, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara; Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat; Sota, Kabupaten Merauke, Papua; dan Long Midang/Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Sementara, hingga akhir 2018, telah dibangun sebanyak tujuh PLBN. Ketujuh PLBN yang sudah rampung pembangunan itu adalah Aruk (Kalimantan Barat), Entikong (Kalimantan Barat), Nanga Badau (Kalimantan Barat), Wini (Nusa Tenggara Timur), Motamasin (Nusa Tenggara Timur), Motaain (Nusa Tenggara Timur), dan Skouw (Papua). “Tujuh PLBN sudah selesai. Mulai 2016 PLBN itu (dibangun) pintunya, diteruskan 2017-2018, pendukungnya, ada kantor imigrasi, kantor kejaksaan, kantor pengelolaan. Pada 2019 ini mulai dibangun empat lagi,” katanya.

Pada awal 2019, pihaknya akan memulai proses lelang untuk pembangunan empat PLBN tersebut. PLBN itu dibangun berdasarkan rekomendasi Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto termasuk Kementerian Dalam Negeri.

Pemerintah menargetkan pembangunan PLBN dapat selesai pada Agustus 2019. PLBN itu merupakan program pemerintah untuk membangun negara dari pinggiran.

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.